Kaki Naga Ayam (R Yani Kusmayani)

Kaki Naga Ayam

Nih, janji saya...ucukuprek di dapur di pagi yg mendung, coba resep yang saya copas dari dunia maya...lupa di mana, tapi rata-rata orang upload resep yg sama.

Bahan :
  • 300g Daging ayam giling (saya pake yang utuh, jadi kudu dicincang terus diblender sama bahan cairan yang ada di resep, kerjaan lagi deh, he..)
  • 50g/1 butir bw bombay ukuran kecil, cincang
  • 50g wortel, kupas, cincang - saya mah diserut pake parutan keju
  • 4 siung bw putih, haluskan - saya cuma cincang halus
  • 2 siung bw merah, haluskan - saya td cincang halus
  • 1/2 butir telur kocok - saya pake 1 butir telur ayam kampung
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 50g tepung sagu
  • Garam merica, secukupnya - tadi saya kasih 3/4 sdt garam + 1/2 sdt merica
Pelapis :
  • 1/2 telur kocok
  • 50g terigu - saya pake tepung campur gff (tep.beras, sagu, dan maizena,dg perbandingan 7:2:1)
  • Breadcumbs/tepung panir/tepung roti, secukupnya.

Lainnya : tusuk sate, potong 2. Banyaknya tergantung besar kaki naganya.

Cara membuat :

  • Aduk semua bahan, bagi sama bentuk bulat lonjong (saya pakai bantuan sendok)
  • Masukkan dlm terigu, ratakan.
  • Lalu celup dalam telur kocok, dan gulingkan dalam tepung panir.
  • Tusuk dg tusuk sate, rapikan.
  • Simpan dlm freezer.

#hasil adonannya empuk dan lembut.

Cara menghidangkan :
Goreng terendam dlm minyak panas,hingga kuning kecoklatan.

#trik menggorengnya,harus terendam minyak. Plus supaya matang hingga ke dalam, bentuknya jangan terlalu tebal. Atau goreng dengan api kecil agak lama.

Uenaakkk....another nugget sehat (lebih sehat krn g ada proses reheating/pemanasan ulang, alias kukus & goreng)

--hak cipta gambar pada R Yani K--