Spaghetti Saus Ayam Rumahan

Chicken Spaghetti Saus Rumahan 

Resep bunda @ Izma yuliansyah 

Beberapa kali bikin spaghetti, masih tergantung sama saus instan kemasan. Begitu hamil, suami kurang sreg kalo saya pake saus instan. Kurang sehat katanya. Saya setuju. Eh, suatu ketika saya pengeeen banget makan spaghetti. Saya akalin saja pake saus buatan sendiri (modif dari resep sahabat saya). Hasil akhir, sama puasnya. Dan yang penting, sehat  

Bahan Spaghetti:
  • Mie spaghetti instan (1/2 bgks), merk bebas tapi saya suka La Fonte
  • Minyak 1/5 sdm (2 tetes) 
  • Daging ayam fillet, 200gr (cacah kecil2)
  • Bawang Bombay 1 siung ukuran sedang
  • Merica, 1sdt (boleh yang langsung bubuk, tapi saya prefer yang masih utuh soalnya lebih kerasa)
  • Mentega 1 sdm
  • Air 500 ml 
  • Garam
Bahan Saus: 
  • Tomat, 3 buah
  • Cabe rawit, 3 buah (sesuaikan selera)
  • Cabe merah, 1 buah
  • Bawang putih 3 bh, keprek
  • Mentega ½ sdm
  • Tepung maizena 1 sdt campur dengan 2 sdt air
  • Air jeruk nipis 1/2 sdt
  • Garam
  • Gula
  • Air 200 ml 
Cara Membuat Saus:
  1. 3 buah tomat didihkan bersama dengan cabe hingga kulit tomat mengelupas
  2. Blender tomat dan tambahkan air 100ml. 
  3. Tumis bawang putih keprek dengan mentega. Masukkan blenderan tomat.
  4. Tambahkan larutan tepung maizena, air jeruk nipis, gula garam. 
Cara Membuat Spaghetti:
  1. Didihkan air 500 ml, masukkan spaghetti, masukkan minyak 2 tetes
  2. Tiriskan dan segera siram dengan air dingin (agar spaghetti tidak menggumpal). Sisihkan.
  3. Panaskan mentega, masukkan irisan bawang bombay dan merica. 
  4. Tunggu harum. Masukkan ayam. 
  5. Masukkan 150 ml saus tomat dan beri air 50 ml. Tambahkan garam. 
  6. Tunggu hingga meletup
Penyajian:
Siram saus di atas spaghetti. Taburi keju jika suka.