Empal Gentong Rumahan

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Empal Gentong Spesial Rumahan

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai.

Kalau empal gentong dibuat di rumah tentu lebih sederhana karena tanpa gentong dan tanpa kayu bakar. Tapi rasanya juga tetap enak, kok. Yuk coba resep empal gentong rumahan ini.


BAHAN

½ butir kelapa setengah tua
600 gram daging sandung lamur
2 liter air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe
4 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
3 cm kayu manis
6 biji cengkih
2 biji kapulaga
250  gram paru sapi
250  gram babat sapi
3 sdm minyak, untuk menggoreng

BUMBU YANG DIHALUSKAN :

15 butir bawang merah
7 siung bawang putih
7 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt merica butiran
2 sdt garam
4 cm kunyit, bakar

TABURAN :

Kucai, iris
Daun bawang, iris
Bawang goreng


PELENGKAP :

Kerupuk kulit, sambal rebus: 2 buah cabai merah besar, 12 buah cabai rawit merah, 2 siung bawang putih, rebus, haluskan bersama 1 sdt garam





CARA MEMBUAT

  1. Kupas kelapa setengah tua, parut memanjang dan sangari hingga berwarna kecokelatan, angkat.
  2. Rebus daging sapi sandung lamur bersama daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, jahe, kayu manis, cengkih, dan kapulaga, rebus hingga daging lunak. Angkat, potong-potong.
  3. Rebuss paru sapid an babat sapi, secara terpisah hingga lunak, setelah lunak, angkat, tiriskan. Potong-potong masukkan kedalam kaldu daging sapi.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu, bila air kaldu berkurang tambahkan air panas hingga jumlahnya tetap 2 liter.
  5. Didihkan kembali kaldu, masukkan potongan daging, paru, babat, dan kelapa sangrai, masak hingga bumbu meresap. Angkat.
  6. Sajikan hangat, taburi dengan kucai, irisan daun bawang, dan bawang goreng. Lengkapi dengan sambal rebus dan kerupuk kulit.



Suka Resep Ini? Share Yuk!